Minggu, 08 Juli 2012

Komunikasi Data (IT Science)

Posted by Sang Dokter to Category: Komunikasi Data (KomDat)
Apabila Anda bekerja di rumah (home industry) atau di kantor atau tempat lainnya yang menggunakan beberapa komputer dalam jumlah kecil, untuk alasan efisiensi, ada baiknya Anda membangun sebuah jaringan kecil (LAN) untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut.
Tidak begitu banyak yang harus disiapkan. Anda hanya membutuhkan beberapa perangkat sebelum mulai membangun jaringan kecil (LAN) tersebut, yaitu:

  1. Switch (Hub) 10/100; Lalu lintas data di dalam LAN diatur disini. Tipe switch yang cocok, bergantung dari banyaknya port (komputer) yang Anda rencanakan untuk terhubung ke LAN. Saat ini, umumnya di pasaran tersedia mulai dari 4, 8, 16, dan 24 port.
  2. Kabel UTP; kabel ini Anda perlukan untuk menghubungkan komputer-komputer ke dalam switch, sehingga dapat saling berkomunikasi. Anda dapat menggunakan tipe kabel Cat5 atau Cat5e untuk speed 100 Mbps, atau kalau ingin lebih, gunakan saja tipe Cat6 yang speednya mencapai 1 Gbps.
Untuk menyiapkan sendiri kabel UTP agar siap pakai, Anda memerlukan beberapa perangkat berikut:
  • RJ45; diperlukan agar kabel UTP dapat 'dimasukkan' ke dalam port yang tersedia di komputer ataupun switch.
  • Crimping Tools (Tang Crimping); diperlukan untuk memasang RJ45 di kedua ujung kabel UTP.
  • LAN tester; diperlukan untuk memeriksa apakah kabel UTP yang telah terpasang RJ45 sudah berfungsi atau belum
  • Pisau pengupas; diperlukan untuk memudahkan mengupas 'kulit' kabel UTP untuk memasang RJ45
  • Pelindung kabel (cable protector); Sering terjadi, koneksi salah satu komputer terputus hanya karena kabel UTP digigit tikus. Gunakan saja yang murah meriah tapi cukup melindungi kabel, misalnya pipa PVC.
Semua itu bisa Anda kerjakan sendiri, tidak terlalu sulit untuk dipelajari.
Learning by doing, dan Anda pun akan menguasai penggunaan perangkat-perangkat tersebut.
Sebagai contoh, misalkan Anda ingin membangun LAN untuk 10 komputer yang ada di dalam satu ruangan. Anda bisa memulainya dengan menghitung kebutuhan perangkat.
Langkah pertama, tentukan dimana Anda merencanakan untuk menempatkan Switch dan di posisi mana akan menempatkan 10 komputer tersebut.
Langkah kedua, ukur berapa meter jarak masing-masing komputer ke Switch. Catat jarak dari komputer yang letaknya terjauh dari Switch, misalkan 10 meter.
Langkah ketiga, mulailah menyiapkan kebutuhan:
  • Anda memiliki 10 komputer, dan jarak terjauh komputer dari Switch adalah 10 meter. Berarti Anda membutuhkan minimal panjang kabel UTP adalah 10 (komputer) x 10 (meter)= 100 meter. Umumnya kabel UTP per roll nya tersedia 300 meter. Jadi Anda hanya memerlukan 1 roll kabel UTP saja.
  • RJ45 dipasang di setiap ujung kabel, jadi Anda membutuhkan RJ45 minimal sebanyak 10 (komputer) x 2 (ujung kabel)= 20 RJ45. Umumnya RJ45 tersedia per boks nya sebanyak 50 pcs. Jadi, Anda hanya memerlukan 1 boks RJ45.
  • Karena komputer yang disiapkan sebanyak 10 komputer, Anda perlu menyiapkan 1 unit Switch 16 port. Apabila Anda merencanakan di masa datang akan menambah komputer, Anda bisa menyiapkan Switch dengan port yang lebih banyak.
  • Siapkan juga Crimping tools, LAN tester, dan pisau pengupas.
-Semoga bermanfaat-